Bahaya Terlalu Banyak Makan Emping Melinjo Bagi Kesehatan Dan Ibu Hamil

Bahaya Terlalu Banyak Makan Emping Melinjo Bagi Kesehatan Dan Ibu Hamil


Bahaya Terlalu Banyak Makan Emping Melinjo Bagi Kesehatan Dan Ibu Hamil | Bahaya emping melinjo bagi kesehatan dan ibu hamil amat perlu di perhatikan. Emping yang berbahan basic buah melinjo pasti amat ringan ditemui. Di Indonesia, emping banyak ditemui sebagai pendamping makanan seperti soto dan nasi goreng. Beberapa orang termasuk konsumsi emping sebagai cemilan. Tapi tahukah anda bahwa emping memiliki zat purin tinggi yang dapat membuat bermacam penyakit terlebih penyakit asam urat.

Berikut adalah Bahaya Terlalu Banyak Makan Emping Melinjo Bagi Kesehatan Dan Ibu Hamil:

1. Tekanan darah tinggi atau hipertensi

Emping asin biasanya disertai bumbu garam sebagai penyedapnya. Asin dari garam merupakan pantangan bagi anda yang memiliki tekanan darah yang tinggi. Melalui belajar dan penelitian, asam urat dan hipertensi termasuk saling berhubungan. Seperempat penderita hipertensi biasanya termasuk memiliki kadar asam urat yang tinggi.

2.  Diabetes melitus

Penyakit ini biasa dikenal dengan nama kencing manis di Indonesia. Selain emping asin, banyak termasuk ditemukan emping yang memiliki rasa manis. Tidak jarang rasa manis terhadap emping pakai pemanis buatan yang beresiko bagi anda yang memiliki kadar gula tinggi didalam darah. Kombinasi emping dengan pemanis dapat berdampak terhadap naiknya kadar gula didalam darah yang dapat berpengaruh terhadap asam urat.

3.  Batu ginjal

Asam urat dapat mengalami sistem ekskresi atau pengeluaran didalam tubuh lewat air seni Ketika konsumsi emping belebihan pasti kadar asam urat dapat bertambah dan menumpuk agar membentuk kristal. Orang yang mengalami masalah metabolisme asam urat, dikala membuang air kecil dapat merasakan sakit dan jika kristal melukai saluran kemih membuat air seni menjadi berwarna kemerahan.

4.  Gagal ginjal

Penyakit paling gawat yang disebabkan kadar asam urat yang amat tinggi jika tidak diobati adalah gagal ginjal. Jika anda udah mengerti kadar asam urat didalam tubuh anda udah diatas normal direkomendasikan untuk tidak konsumsi emping. Selain itu orang yang memiliki komplikasi penyakit tekanan darah tinggi, diabetes, dan batu ginjal beresiko tinggi mengalami gagal ginjal.

5. Peradangan sendi

Penyakit peradangan sendi atau yang didalam arti kedokteran disebut Arthritis gout adalah penyakit yang paling kerap diderita oleh biasanya orang yang memiliki kadar asam urat tinggi didalam tubuh. Di indonesia penyakit ini lebih dikenal dengan nama rematik. Memang emping yang kami ketahui memiliki zat purin yang cukup tinggi bukan tidak benar satu yang menjadi pemicunya, tetap banyak faktor lain yang membuat penyakit ini timbul seperti berat badan berlebih, minuman alkohol, dan kurang minum air putih termasuk dapat membuat munculnya penyakit ini.

6.  Gangguan janin

Bahaya emping melinjo untuk ibu hamil termasuk dapat membuat masalah kehamilan. Banyak pertanyaan yang keluar apakah konsumsi emping diperbolehkan bagi calon ibu yang sedang mengandung. Konsumsi emping dapat beresiko bagi calon ibu yang memiliki hipertensi dan asam urat yang tinggi. Walaupun berlaku bagi semua orang, bagi ibu hamil keadaan hormon yang tidak stabil termasuk merubah kadar asam urat didalam tubuh yang dapat berdampak jelek bagi kehamilan.

7.  Kolesterol Tinggi

Emping melinjo memang tidak secara langsung merubah kadar kolesterol didalam tubuh. Tapi wajib diingat pemrosesan emping melinjo biasanya dengan digoreng. Makanan gorengan adalah pantangan bagi anda yang mengidap kolesterol tinggi. Minyak yang digunakan pun belum pasti minyak yang memiliki kualitas baik. Minyak yang digunakan untuk menggoreng emping berulang ulang dapat tingkatkan kadar kolesterol jahat didalam minyak itu sendiri.

8.  Kanker

Bagaimana dapat hanya karena emping dapat membuat kanker? sedikit penjelasannya sebagai berikut. Beberapa produsen emping pasti banyak yang menyimpan buah melinjo untuk memproduksi didalam skala besar. Ada oknum – oknum produsen yang nakal coba – coba mengkombinasikan dengan bahan pengawet kimia atau obat serangga untuk menghambat agar buah melinjo selalu awet. Efek obat-obatan kimia selanjutnya memang tidak jadi langsung di tubuh anda tetapi dapat mengendap agar membuat kanker dan penyakit didalam lainnya yang dapat menyerang bagian saraf. 

Itulah Bahaya Terlalu Banyak Makan Emping Melinjo Bagi Kesehatan Dan Ibu Hamil. Semoga artikel kami bermanfaat.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »