Selasa, 04 April 2017

Makanan Sehat Yang Harus Dikonsumi Oleh Penderita Penyakit Batu Empedu

Makanan Sehat Yang Harus Dikonsumi Oleh Penderita Penyakit Batu Empedu



1. Minyak Zaitun

Minyak zaitun mempunyai kadar zat anti oksidan yang terlalu tinggi. selain itu minyak zaitun mempunyai zat asam yang dapat mencegah pembentukan batu empedu. Bahkan mengkonsumsi minyak zaitun secara rutin termasuk dapat kurangi dampak pembentukan batu empedu. Fakta ini telah diteliti oleh Dr Penny Stanway yang ditulis didalam bukunya yang berjudul Miracle of Olive Oil.

2. Daging Merah tanpa Lemak

Daging merah tanpa lemak hanya boleh dikonsumsi didalam porsi yang terlalu sedikit. Penderita batu empedu sama sekali tidak boleh mengkonsumsi banyak lemak sebab dapat menambah potensi batu empedu yang lebih parah. Jika lemak masuk ke didalam tubuh maka kantung empedu dapat memicu sebagian reaksi seperti diare, mual, sembelit, sakit perut dan mulas. Hal ini disebabkan sebab empedu sama sekali tidak merespon kadar lemak yang masuk ke tubuh.

3. Beras Merah

Beras merah dapat menjadi menu pengganti beras putih. Beras merah tidak menambah potensi lemak didalam tubuh. Bahkan kadar zat mangan didalam beras merah dapat berfungsi untuk menetralisir lemak yang masuk ke didalam tubuh. Selain itu beras merah banyak mengandung zat anti oksidan yang dapat berfungsi untuk kurangi kolesterol jahat didalam tubuh. Meskipun beras merah diijinkan untuk dikonsumsi, tapi hanya didalam batas tertentu saja. Beras merah selain untuk batu empedu termasuk kondang sebagai makanan untuk diet cepat yang dapat turunkan berat badan secara drastis.

4. Brokoli

Brokoli adalah tipe sayur yang mempunyai kalori rendah dan banyak mengandung serat. Selain itu brokoli termasuk banyak mengandung vitamin A dan vitamin C. Brokoli tidak mengandung lemak sama sekali dan bahan kadar lain yang ditemukan adalah karbohidrat,  protein, dan kalsium. Brokoli dapat dikonsumsi didalam jumlah yang terbatas sebab kecuali terlalu berlebih dapat memicu memproses gas yang memicu sakit perut. Untuk itu brokoli adalah makanan untuk penderita asam lambung yang mesti dihindari.

5. Tuna

Ikan tuna dapat menjadi sumber protein tinggi untuk penderita batu empedu. Konsumsi tuna yang masuk didalam batas toleransi adalah kurang lebih 3 ons per hari. Kandungan ikan tuna yang baik untuk kesehatan empedu adalah omega 3 yang dapat berfungsi untuk mengatur kadar kolesterol buruk pada tubuh. Pada umumnya semua penderita batu empedu dapat mengkonsumsi ikan tuna, tapi kecuali memicu sakit perut sebaiknya dihindari.

6. Salmon

Salmon menjadi tidak benar satu tipe ikan yang dapat dikonsumsi oleh penderita batu empedu. Ikan salmon mengandung omega 3 dan lemak hingga 11 gram. Konsumsi ikan salmon mesti dibatasi pada penderita batu empedu sebab dapat memicu kenaikan kadar kolesterol. Tapi kecuali tidak memicu rasa sakit atau problem lain maka boleh dikonsumsi secara rutin.

7. Yogurt

Yogurt adalah makanan yang dapat menjadi sumber kalori untuk tubuh. Yogurt mempunyai sebagian kadar yang terlalu baik untuk penderita batu empedu seperti protein, serat, anti oksidan dan lemak tak jenuh. Yogurt mengandung lemak tak jemu yang terlalu baik untuk penderita batu empedu. Bahkan mengkonsumsi yogurt secara rutin dapat mencegah komplikasi batu empedu.

8. Lobak

Lobak adalah tidak benar satu sumber makanan yang dapat menjadi obat bagi penderita batu empedu. Jenis lobak yang terlalu baik untuk penyakit batu empedu adalah lobak hitam. Lobak terbukti dapat turunkan kadar kolesterol didalam darah, menambah kadar HDL dan turunkan kadar lipid didalam darah. Konsumsi harian lobak hitam termasuk dapat mendukung meringankan sakit batu empedu. Penelitian ini telah dimuat didalam Jurnal Biomedik dan Bioteknologi yang terlihat pada tahun 2012.

9. Bayam

Bayam menjadi sayuran hijau yang dapat dikonsumsi didalam batas tertentu oleh penderita batu empedu. Bayam banyak mengandung senyawa oksalat yang dapat menambah potensi kasus batu ginjal. Jadi, meskipun bayam safe untuk dikonsumsi tapi mesti didalam batas tertentu. Potensi bayam hanya memicu kasus pada batu ginjal dan bukan pada kasus batu empedu. Tapi umumnya banyak penderita batu empedu yang termasuk mempunyai komplikasi batu ginjal. Jadi, bayam safe untuk penderita batu empedu, tapi batasi jumlah mengkonsumsi harian. Bayam termasuk dapat dijadikan makanan penambah darah super cepat yang dapat mendukung penderita penyakit anemia.

10. Mentimun

Mentimun mempunyai banyak kadar air yang berfungsi untuk membersihkan racun pada hati. Selain itu mentimun termasuk banyak mengandung vitamin B, lariciresinol, secoisolariciresinol dan pinoresinol. Anda dapat mengkonsumsi mentimun menjadi jus. Bahkan campuran jus mentimun, wortel dan jeruk terlalu direkomendasikan untuk penderita batu empedu.

11. Lemon

Lemon mempunyai kadar asam sitrat dan vitamin C yang terlalu baik untuk penderita batu empedu. Kandungan asam sitrat dan vitamin C dapat mendukung melarukan kalsifikasi didalam tubuh, agar lemon dapat digunakan untuk melarutkan batu empedu. Konsumsi lemon dapat dilakukan seiring bersama minyak zaitun. Lemon termasuk banyak mengandung anti oksidan yang dapat mencegah peradangan dan infeksi pada organ tubuh.

12. Tomat

Tomat adalah buah yang banyak mengandung vitamin dan mineral. Berbagai nutrisi yang ditemukan didalam buah tomat antara lain adalah vitamin A, vitamin C, vitamin K, vitamin B6, folat dan tiamin. Bahkan buah tomat termasuk mengandung sumber kalsium seperti potassium, mangan, magnesium, tembaga dan fosfor. Senyawa licopene didalam tomat termasuk  berperan mutlak untuk mengendalikan kesehatan organ berarti tubuh seperti empedu. Konsumsi tomat secara rutin bakal kurangi dampak batu empedu dan meringankan sakit batu empedu.

13. Semangka

Semangka mempunyai kadar air mencapai lebih dari 90 persein. Selain itu semangka termasuk mengandung vitamin A, vitamin B6 dan vitamin C. lebih-lebih semangka termasuk mempunyai kadar licopene, asam amino dan anti oksidan. Selain itu semangka tidak mempunyai kadar lemak. Senyawa licopene didalam semangka dapat mengatasi dan mencegah peradangan dan anti oksidan yang dapat mengatasi kasus radikal bebas. Kandungan air didalam semangka termasuk dapat mengatasi kasus dehidrasi agar dapat mendukung penderita batu empedu.

14. Seledri

Seledri adalah sayuran yang banyak mengandung kalsium, tembaga, magnesium, natrium, seng, zat  besi, dan kalium. Selain itu seledri termasuk mempunyai kadar asam lemak dan semua vitamin yang diperlukan oleh tubuh. Beberapa zat lain yang ditemukan didalam seledri adalah senyawa tiamin, asam folat, serat dan riboflavin. Semua tipe nutrisi didalam seledri dapat merangsang kekebalan tubuh bersama menambah potensi senyawa anti oksidan didalam tubuh. Seledri dapat mendukung proses kesehatan tubuh bagi penderita batu empedu.

15. Ubi Jalar

Ubi jalar mengandung banyak vitamin A, vitamin B5, B6, dan sebagian senyawa lain seperti niasin, riboflavin, tiamin dan karotenoid. Bahkan ubi jalar sama sekali tidak mempunyai kadar lemak dan rendah sodium. Serat didalam ubi jalar termasuk terlalu baik untuk mendukung proses pencernaan. Ubi jalar dapat dikonsumsi oleh penderita batu empedu bersama langkah direbus atau dikukus.

16. Air Kelapa Hijau

Dari pengalaman orang yang di sharing di sosial media, batu empedu dapat dihancurkan bersama air kelapa hijau. 

Itulah Makanan Sehat Yang Harus Dikonsumi Oleh Penderita Penyakit Batu Empedu. Untuk menyembuhkan penyakit batu empedu, silahkan baca: Obat Herbal Batu Empedu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sehat Itu Barokah © 2014. All Rights Reserved | Powered By Blogger | Blogger Templates | Designed by-Dapinder