Makanan Sehat Yang Wajib Dikonsumsi Oleh Penderita Penyakit Maag Kronis

Makanan Sehat Yang Wajib Dikonsumsi Oleh Penderita Penyakit Maag Kronis


Makanan Sehat Yang Wajib Dikonsumsi Oleh Penderita Penyakit Maag Kronis | Penyebab sakit maag kronis terjadi karena pola makan yang buruk, stres berkepanjangan, atau makan bahan-bahan korosif (pedas, asam) , keracunan, serta degenerasi lapisan perut pada mereka yang berusia lanjut. Penyakit maag kronis bisa juga menimbulkan munculnya penyakit  lain seperti vertigo, insomnia, penurunan daya ingat, mudah marah, depresi, dan hyposexuality (hilangnya hasrat seksual).

Saat makanan menjadi salah satu pemicu kambuhnya sakit maag, maka penderita perlu mengetahui makanan dan minuman bagaimanakah yang aman untuk dikonsumsi. Makanan penyebab kambuhnya sakit maag kronis sangat banyak macamnya. Itulah sebabnya, penderita harus ekstra hati-hati dalam memilih  makanannya. Beberapa jenis makanan dan minuman di bawah ini dapat digunakan untuk mengurangi sakit maag kronis.

Saran Makanan Untuk Penderita Maag Kronis

  • Asam Amino. Beberapa ahli gizi menyarankan asupan asam amino yang merupakan protein dapat membantu menyembuhkan luka sakit maag. Tempe yang hanya dikukus akan membantu menyembuhkan sakit maag. Tempe mengandung senyawa anti inflamasi (anti peradangan) dan kaya akan protein. Protein kompleks dalam tempe sudah dicerna kapang atau jamur sehingga siap diserap oleh tubuh. Kulit kedelai yang kertas juga akan menjadi lembek sehingga lebih mudah dicerna. Tempe akan memperbaiki gangguan lambung dan sistem pencernaan yang rusak.
  • Vitamin E dalam Makanan. Vitamin E yang terdapat dalam makanan seperti dalam kemiri, gandum, minyak biji bunga matahari, serta minyak kedelai akan meringankan luka lambung.
  • Minum Yoghurt. Makanan terbaik untuk membantu penyembuhan dan mengurangi risiko ulkus (luka) lambung adalah yoghurt tanpa lemak.
  • Zat Antioksidan. Makanan yang memiliki zat antioksidan akan mengurangi risiko luka lambung dan usus, serta meredakan gejala sakit maag. Vitamin C (dalam sayuran) dan betakaroten (dalam wortel) yang akan melindungi lapisan lambung dan usus. Terdapat dalam wortel, kangkung, kubis, brokoli, buah kiwi, dan aprikort.
  • Aneka bahan yang lembut. Kebanyakan jenis daging yang dicincang lembut, unggas tanpa kulit, ikan, seafood, kerang, serta tahu dan kedelai ditoleransi untuk penyakit maag.
  • Makanan yang berserat. Meningkatkan makanan dengan asupan serat dapat membantu mengurangi ulkus (luka) pada lambung dan usus (duodenum) karena akan memperkuat lapisan pelindung dalam perut dan usus.
  • Mengandung omega 3. Penderita disarankan memakan makanan yang mengandung Omega 3, yaitu sejenis lemak baik yang akan membantu untuk meningkatkan produksi senyawa yang melindungi lapisan pencernaan. Omega 3 ditemukan dalam ikan berminyak seperti tenggiri, sarden, herring, dan salmon.

Inilah Makanan Sehat Yang Wajib Dikonsumsi Oleh Penderita Penyakit Maag Kronis:

  • Kentang Rebus. Kentang rebus bersifat alkali saat pagi dan dapat menetralisir asam lambung sebelum makan makanan lain. Kentang juga sumber karbohidrat yang memberikan rasa kenyang dalam perut. Bubur kentang, jus kentang dapat membantu mengurangi sakit maag.
  • Brokoli. Brokoli merupakan sumber kalium, sulfur, serta vitamin C yang baik bagi penderita penyakit maag kronis. Sulfur merupakan prekusor glutation yang berperan sebagai antioksidan pelindung terhadap mucosa lambung. Vitamin C berguna untuk memelihara stamina tubuh yang biasanya menurun (drop) saat sakit maag kronis. Sayuran dari bahan sayaur mayur tak berserat dan tidak menimbulkan gas lainnya adalah labu kuning, labu siam, dan wortel.
  • Bubur Ayam. Begitu sakit maag, makanan lunak seperti bubur amat berguna untuk memperinganka rasa sakit. Bubur bisa ditambahkan dengan telur rebus, telur setengah matang, dengan bumbu kecap asing ditambah kerupuk. Hindari memakan sate jeroan karena sulit dicerna.
  • Lidah Buaya. Kandungan saponin dalam lidah buaya merupakan antiseptik yang bermanfaat untuk meredakan panas dan juga sebagai penyembuh luka. Senyawa antrakuinon dan kuinon dalam lidah buaya berkhasiat sebagai antibiotik, dan penghilang rasa sakit, sekaligus merangsang pertumbuhan sel baru pada kulit. Kandungan mukopolisakarida berguna untuk memulihkan radang pada saluran pencernaan dan arthritis.
  • Sayuran Kol. Kol dikenal mengandung asam amino glutamin untuk meningkatkan aliran darah ke perut, memberikan nutrisi bagi sel dalam lambung, membantu perlindungan pada lapisan mucosa lambung serta mengobati luka pada saluran pencernaan. Meski banyak dihindari karena mengandung gas banyak ahli kesehatan memanfaatkan kol untuk atasi penyakit maag.
  • Buah-buahan. Buah-buahan juga bermanfaat dapat mengurangi penumpukan zat asam lambung. Buah-buahan seperti pisang, melon, pepaya, dan tomat mengandung kalium yang baik untuk menyeimbangkan pH (derajat asam) dalam lambung.
  • Permen dan gula-gula. Aktivitas mengunyah bisa merangsang produksi air liur yang bersifat basa, sehingga mampu menetralisir asam lambung. Jangan makan permen karet karena manfaatnya bisa kebalikannya. Kekenyalan menyebabkan produksi asam lambung meningkat berlebih.
  • Konsumsi suplemen. Penderita perlu memakan makanan atau suplemen yang menyehatkan mukosa lambung.

Buah-Buahan Untuk Penderita Maag Kronis

  • Pisang. Pisang memiliki teksturnya lunak,dan lembut. Warna kuning karena mengandung kalium yang dapat menstabilkan asam lambung, pisang adalah salah satu makanan untuk penderita asam lambung yang sangat sehat. Pisang dapat memberikan efek kenyang sehigga aman dikonsumsi di antara waktu makan. Pisang juga kaya akan potasium yang mampu menormalkan peningkatan tekanan darah akibat serangan stres dan depresi.  Selain pisang segara dapat juga kita siapkan pisang masak.
  • Papaya. Pepaya mengandung papain atau enzim propeolitik yang berguna untuk meningkatkan sistem kerja pencernaan. Papaya juga memiliki kandungan asam asetat dan asam askorbat sebagai obat tukak lambung. Bila memakan pepaya setelah satu jam makan akan mampu mencerna makanan tersebut.
  • Jeruk. Jeruk meskipun terasa asam namun cenderung bisa dipakai untuk mengurangi sakit maag. Adanya asam asetat dan asam askorbat dapat menjadi obat bagi penyakit maag.
  • Buah Alpukat. Buah ini memiliki kandungan gizi dan serat yang baik untuk kesehatan lambung. Buah ini akan mengurangi kerusakan hati dan menghentikan kerja virus yang menyebabkan hepatitis. Alpukat memiliki kadar lemak tinggi, dan kaya akan vitamin A, Vit B, Vit C, Vit B12, Vit B Kompleks, Vit E dan Vit D. Alpukat memiliki Vit A terbanyak dibandingkan vitamin lainnya. Selain daging buah, kita dapat memanfaatkan biji alpukat yang diparut, disaring dan kemudian airnya diminum.
  • Buah semangka dan melon. Semangka mengandung citrulline asam amino yang dapat menciptakan amonia untuk menjaga tingkat asam dalam tubuh.
  • Buah Mangga. Mangga merupakan buah yang kaya nutrisi dan merupakan anti oksidan dan anti inflamasi. Lapisan perut akan tetap dingin dan terbebas dari asam.
  • Air Kelapa. Air kelapa akan mencegah pembentukan asam ekstra di perut. Air kelapa juga menjadi pelepas dahaga karena mengandung glukosa dan garam untujk pengganti ion yang hilang dalam tubuh.
  • Mentimun. Mentimun dapat mengurangi panas dalam tubuh dan mencegah rasa nyeri serta perut yang melilit karena kelebihan asam di perut.
  • Madu hitam pahit. Madu pahit menjadi bahan asal hewan yang bisa dipakai sebagai obat maag.
Itulah artikel kami tentang Makanan Sehat Yang Wajib Dikonsumsi Oleh Penderita Penyakit Maag Kronis,  semoga bermanfaat. 

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »