Selasa, 02 Mei 2017

Inilah Sebabnya Mengapa Nasi Cepat Basi, Lalu Bagaimana Mencegahnya?

Inilah Sebabnya Mengapa Nasi Cepat Basi, Lalu Bagaimana Mencegahnya?


Inilah Sebabnya Mengapa Nasi Cepat Basi, Lalu Bagaimana Mencegahnya? | Nasi merupakan makanan pokok bagi banyak kalangan masyarakat Asia termasuk didalamnya adalah negara kami yaitu Indonesia. Makanan pokok yang sanggup dikonsumsi, sebetulnya bukan cuma nasi melainkan ada pula yang berwujud umbi-umbian. Meski demikian, nyatanya nasi lebih banyak dipilih sebagai asupan makanan sehari-hari dibandingkan bersama tipe makanan pokok yang lain. Tidak heran kalau ibu tempat tinggal tangga, sering memasak nasi untuk lantas disimpan dan digunakan kembali dikala makan siang atau malam hari.

Hal yang banyak dikeluhkan di dalam sistem pembuatan nasi adalah nasi yang cepat basi. Ada lebih dari satu aspek yang sanggup merubah nasi menjadi lebih cepat basi yaitu aspek cuaca, sentuhan jari-jari tangan dan lain-lain.

1. Cuaca

Ketika musim kemarau tiba, nasi dapat lebih ringan cepat basi dibandingkan selagi musim penghujan. Pada musim penghujan, nasi sanggup basi setelah 24 jam selagi di musim kemarau, nasi dapat basi apalagi sebelum saat 24 jam. Bukan cuma tergantung terhadap cuaca, namun cepat tidaknya nasi menjadi basi termasuk tergantung terhadap aspek daerah tinggal. Bagi anda yang tinggal di daerah pesisir, maka nasi dapat lebih cepat basi kalau dibandingkan bersama daerah lain khususnya dipegunungan. 

2. Sentuhan jari-jari tangan

Tahukah anda kalau ternyata terhadap jari tangan mengandung enzim pencernaan yang disebut bersama enzim RNAse? Enzim ini merupakan enzim yang bertugas untuk membantu sistem pencernaan yang berjalan di lambung. Saat nasi yang sudah masak tersentuh tangan entah secara sengaja ataupun  tidak, maka terhadap selagi itulah sistem pencernaan sudah dimulai. Akibatnya, nasi yang tidak segera dimakan, dapat menjadi lebih cepat basi. 

3. Jenis beras yang dimasak

Jenis beras ternyata termasuk menjadi penentu cepat tidaknya nasi menjadi basi. Beras tipe pera ternyata lebih tahan lama kalau dibandingkan bersama tipe beras pulen. Pada beras pulen, beras ini memiliki persentase air yang lebih banyak sehingga menyebabkan nasi menjadi lebih ringan basi. Jika beras pera dambakan lebih merasa pulen sebaiknya tambah air selagi sistem pemasakannya. Namun sayangnya, perihal ini dapat menyebabkan nasi menjadi lebih cepat basi.

4. Tegangan listrik yang turun

Produk magic jar yang dirancang di Indonesia pakai tegangan 220 V. Dengan tegangan tersebut, maka magic jar dapat sanggup memanaskan nasi bersama suhu 75 – 80 0 C. Jika ada masalah terhadap listrik, maka dapat menyebabkan tengangan listrik turun sampai 180 V atau apalagi sanggup lebih rendah lagi. Jika sudah demikianlah maka penghangatan nasi tidak sanggup meraih 75 sampai 800 C lagi. Akibatnya nasi yang dipanaskan di di dalam magic jar dapat menjadi lembek dan berakhir bersama basi.

5. Adanya penyumbatan terhadap lubang uap

Nasi yang menjadi cepat basi pasti tidaklah menggembirakan dikarenakan harus dibuang dan tak kemungkinan kembali dimakan dikarenakan beresiko bagi pencernaan. Bukan cuma bahaya bagi pencernaan namun nasi basi yang harus dibuang termasuk menyebabkan anda tidak sanggup kembali menghemat dikarenakan harus buang-buang nasi. Dengan adanya peralatan elektrik layaknya rice cooker pasti menanak nasi menjadi lebih menggembirakan dan mudah. Karena mudahnya, banyak orang yang lantas salah di dalam menggunakannya sehingga nasi kembali cepat ringan basi.

Salah satu perihal yang menyebabkan memasak nasi anda salah kaprah adalah tidak acuhkan bersama adanya penyumbatan yang berjalan terhadap lubang pengeluaran uap. Dalam perihal ini sebaiknya anda selamanya mengecek kebersihan lubang uap anda dan membersihkan sekurang-kurangnya satu bulan sekali.

Salah satu tipe bahan tradisional yang sanggup digunakan untuk menjauhkan nasi cepat basi adalah jeruk nipis. Cara pakai jeruk nipis untuk menjauhkan nasi cepat basi sanggup ditunaikan bersama cara menyiapkan beras yang dapat ditanak. Hindari meremas-remasnya bersama kuat. Hal ini ditunaikan sehingga persentase vitamin B1 yang terkandung di dalamnya tidak berkurang. Selanjutnya masukkan air bersama ukuran satu ruas jari dihitung berasal dari permukaan beras. Meski demikian, patokan ini tidak selamanya digunakan dikarenakan ada lebih dari satu tipe beras yang memerlukan lebih banyak atau kemungkinan lebih sedikit air sewaktu ditanak.

Peras jeruk nipis untuk diambil alih airnya. Untuk 1 KG beras, anda sanggup pakai 1 jeruk nipis. Selain jeruk nipis anda termasuk sanggup beri tambahan daun pandan sehingga nasi yang anda masak dapat beraroma wangi. Jika sudah siap, nyalakan magic jar dan masak nasi sampai matang. 

Nasi yang dimasak pakai perasan jeruk nipis ternyata lebih awet sehingga tidak ringan basi. Hal ini dikarenakan jeruk nipis mengandung senyawa asam yang sanggup mencegah terjadinya pertumbuhan bakteri yang memudahkan nasi menjadi lebih cepat basi.

Bukan cuma menjadikan nasi menjadi lebih awet, namun penggunaan jeruk nipis termasuk sanggup menyebabkan nasi yang dapat dikonsumsi menjadi lebih menarik dikarenakan warnanya yang cenderung lebih putih.

Selain pakai jeruk nipis, pastikan  pula anda tidak benar-benar banyak menyentuh nasi pakai tangan. Seperti yang sudah dijelaskan di atas, benar-benar banyak menyentuh nasi dapat memudahkan nasi cepat basi. Selain itu periksa tegangan suhu terhadap magic jar dan juga lubang uap yang ada sehingga magic jar berfungsi sebagaimana mestinya. Bagi anda yang memasak nasi pakai rice cooker, kalau beras sudah menjadi nasi, sebaiknya anda cabut listriknya khususnya dahulu lantas aduk-aduk nasi di dalamnya sehingga tidak memadat. Jika sudah membuka penutupnya dan hilangkan uap yang ada lantas tutup kembali. Hal ini ditunaikan untuk mengindari uap sehingga tidak jatuh ke nasi. Setelahnya anda sanggup kembali menyalakan listriknya.

Bukan cuma berjalan terhadap nasi, namun aspek kelembapan hawa dan juga perawatan, termasuk dapa merubah makanan, dapat cepat basi atau tidak. Faktor lainnya yang sanggup merubah cepat basi atau tidaknya makanan adalah mikroorganisme. Jika anda menjaga makanan atau nasi anda bersama baik, maka efek nasi basi akibat mikroorganisme sanggup diperkecil.

Nasi yang cepat basi, menyebabkan anda kerepotan dikarenakan harus memasak nasi berulang- ulang. Untuk itu, ada baiknya bagi anda untuk menjauhkan hal-hal yang sanggup menyebabkan nasi menjadi lebih cepat basi bersama tips dan juga cara di atas. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sehat Itu Barokah © 2014. All Rights Reserved | Powered By Blogger | Blogger Templates | Designed by-Dapinder